Nicemommy's Blog

NiceMommy Stories

Tpis : Cara Membedakan Tas Asli dan Replika


Bagi wanita , tas merupakan ornamen wajib pelengkap gaya berbusana. Namun hati hati dalam memilih tas. Kini sudah marak tas tas jiplakan yang kualitasnya jauh dibandingkan merk aslinya. Yuk simak bagaimana cara mebedakan tas asli dengan yang palsu!

1. Harga Barang
Jangan pernah percaya barang bermerek asli jika harganya 30 persen di bawah harga asli. Barang seperti tas Louis Vuitton (LV) tidak pernah didiskon di outlet resminya, kecuali untuk karyawan pada waktu-waktu tertentu. Merek Chanel di Asia jarang sekali diskon, kalau pun diskon biasanya barang yang sudah out of season.

Contoh lainnya, jika sebuah butik menawarkan tas Chloe seharga tiga juta rupiah, sudah bisa dipastikan itu palsu karena harga di outlet resmi sekitar Rp 15 juta. Seandainya diskon 50 persen pun, berarti harganya Rp 7,5 juta.

2. Struktur Tas
Sekalipun bahannya dari kanvas, parasut, atau kain, tas asli memiliki struktur yang kokoh. Pola jahitan dan pemasangan tulang rangka tas tersebut dengan sistem double stitch atau dijahit dengan benang rangkap dua dan dijahit dua kali.

3. Retsleting
Perhatikan retsletingnya. Yang asli bahannya justru agak kasar dan biasanya kaitnya diembos dengan logo merek. Beda musim, biasanya beda pula model retsletingnya. Selain itu zipper tas bermerek punya ukuran standar berat dan dimensi tertentu.

4. Tas Pembungkus
Dustbag (tas pembungkus) yang asli memiliki bahan yang halus dengan ukuran lebih lebar dari tasnya. Sebaliknya, dustbag tas palsu ukurannya pas-pasan. Patut diperhatikan lagi, dustbag barang asli disertai lap pembersihnya (misalnya merek Chanel).

5. Pelapis Dalam
Pelapis dalam tas asli LV biasanya terbuat dari bahan atau suede yang halus. Sementara itu, kain pelapis dalam tas Prada atau Gucci bermotif logo dan nama merek. Tiap season bisa berbeda. Kenali logo dan bentuk huruf merek tersebut karena yang palsu sering berbeda bentuk huruf, bahkan terbalik.

6. Nomor Seri
Nomor seri biasanya tersembunyi di bagian dalam tas. Tidak hanya urutan angka saja, tapi ada artinya juga. Misalnya, LV SP0037 artinya dibuat bulan Maret tahun 2007. Letak nomor seri tiap model tas berbeda.

7. Tulisan ‘Made in’
Tas Chanel pasti tulisannya made in Italy atau made in France. Ingat, bukan made in Paris, sedangkan flapbag Chanel semuanya made in France.

8. Tag
Tag ada yang bentuknya seperti kartu kredit, berhologram, atau di-emboss. Untuk merek-merek tertentu, seperti Gucci, Chanel, atau LV, disertai buku kecil yang menerangkan jenis tas dan cara perawatannya.

9. Protective Metal Base
Pada tas-tas bermerek, biasanya ada protective metal base di dasar tas agar kulit dasar tas tidak mudah tergores. Beberapa merek memiliki protective metal base dengan standar tertentu dan di-emboss logo merek.

10. Warna Kulit
Jika mata Anda jeli, perbedaan warna kulit tas asli dan tas palsu juga sering mudah terlihat. Meski sama-sama hitam, kepekatan warna susah dipalsukan.

Untuk mengetahui tas branded yang Anda miliki asli atau palsu, jangan ragu untuk mendatangi outlet resmi butiknya. Biasanya, mereka menyediakan jasa otentisifikasi atau jasa untuk menyatakan barang tersebut asli atau palsu.

Nah, masih berkaitan dengan topik ini, terkadang maksud hati ingin punya tas asli biar bisa tampil gaya, namun apa daya resource terbatas, so…jangan sedih karena ada juga tas yang mirip-mirip asli, istilahnya KW 1 sampai dengan KW Super Grade AAA.

Pada dasarnya semua jenis tas KW 1 maupun KW Super Grade AAA merupakan replica atau tiruan dari merk asli, dimana model dan bahannya dibuat agar menyerupai bahkan sama persis dengan yang asli. Di Luar Negeri disebut Fake, Knock Off (KO) atau Bootleg.

Ciri-ciri KW Super Grade AAA adalah :
1. Bahan terbuat dari kulit asli yang bagus sehingga kuat dan tidak mudah tergores.
2. Bagian dalam terbuat dari kain yang bagus, kuat, halus dan awet.
3. Merk pada bagian dalam terbuat dari besi.
4. Ada authetic accesories seperti dustcover,certificate card, booklet, semuanya mirip seperti merk original.
5. Model mirip sekali dengan yang asli, sehingga yang ahlipun terkadang sulit untuk membedakannya, apalagi orang yang seumur hidupnya belum pernah punya tas branded original.
6. Cover bermerk terbuat dari kain tebal.

Sedangkan untuk KW 1, kualitas bahan, jahitan dan warna tas biasanya agak sedikit berbeda dari kualitas grade AAA, terutama detail dalam tas. Untuk Bahan KW1 masih menggunakan bahan kulit sintetis.
Semisal tas LV Neverfull Canvas, untuk detail dalam coklat bukan krem atau kuning, atau Damier Trevi yang memiliki bahan dasar di dalam tas adalah beludru halus bukan kain canvas.

Untuk melihat perbedaan tersebut memang akan sulit jika kita tidak melihat langsung tas tersebut. Harga KW 1 lebih rendah dibanding KW Super Grade AAA, walaupun bukan jaminan karena terkadang ada saja pedagang nakal yang menjual KW 1 dengan harga KW Super.

Jangan lupa kunjungi website http://www.nicebagscorner.wordpress.com

May 4, 2011 - Posted by | Nice Info

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: