Nicemommy's Blog

NiceMommy Stories

Royal (boros), Hemat (irit) dan Pelit


http://tulisanku-yw.blogspot.com/2009/09/royal-boros-hemat-irit-dan-pelit.html
Post by : Yenny Wijaya

Lama sekali aku ga posting di blog yg ini, aku aktif update 2 blogku yg lain.. semua tentang masakan tapi kali ini aku tertarik untuk sharing tentang boros, irit dan pelit.

Mulanya aku suka lihat orang-orang disekitarku bagaimana mereka menggunakan uangnya masing-masing… lalu setelah sekian tahun bisa terlihat kemajuan atau kemunduran dari masing-masing mereka… tapi pada dasarnya ada 3 jenis tipe pengguna uang.. (ceile.. gw udah kayak pakar aja)

Ambillah contoh sederhana misal dalam lingkungan kantoran, sore-sore kan enak tuh ya ngemil gorengan ( tidak sehat tapi paling nikmeh deh..)

Nah tipe si royal (boros) dia akan beli gorengan untuk semua orang atau teman duduk disekitar meja kerjanya termasuk untuk si office boy… kira-kira habis lah Rp. 20.000 untuk gorengan dapat sekitar 40 potong klu harga gorengannya 500 perak satunya. Dan belum tentu dia makan kenyang karena biasanya pada saat gorengan dateng semua orang rebutan (iya kan… fakta loh ya.. hehehe gratisan lagi…) akhirnya si pemilik uang biasanya ga makan kenyang kadang cuma kebagian 1 biji doang.
(boros – harusnya cuma keluar Rp. 2.000 untuk 4 potong jadi kenyang, ini jadi keluar uang Rp. 20.000 dan tidak kenyang juga lagi)

Si tipe pelit, akan pergi beli gorengan ke abangnya sendiri, makan langsung disitu paling habis biaya sekitar Rp. 2.ooo untuk 4 potong gorengan. Kenyang …sudah pasti.. setelah puas baru kembali keruang kerja… malah kadang-kadang nungguin ada ga ya temen yang nraktir gorengan.. lumayan kan dari laper jadi kenyang tanpa keluar uang.
(pelit – ga bagi-bagi temen)

Untuk yang tipe hemat.. kira-kira apa yang dia lakukan pada saat lapar dan ingin ngemil gorengan… dia akan teriak-teriak… ‘woi beli gorengan yuk… gw laper nih… nih gw sumbang Rp. 5.000 ada yang mau nambahin ga…’ biasanya teman-teman sudah pasti ikutan nimbrung patungan dong… ketika gorengan datang si pemilik ide yang tipe hemat itu akan ambil duluan jatah dia tapi tidak akan dihabiskan sendiri rp. 5.000 itu, paling dia akan ambil 4 biji lah secukupnya kenyang… lalu sisa jatahnya kemana… ya di makan si tipe pelit karena kadang-kadang si tipe pelit ga mau ikut patungan tapi mau ikut makan barang 1-2 biji… dia pikir 2 biji cuma 1000 ini.. murah kok…
(hemat – ga habisin uang banyak buat menyenangkan dirinya sendiri tapi juga ada bantu temen lain yg kecipratan rejeki dari dia)

hahaha… maaf ya kalau ada yang tersinggung tapi termasuk yang manakah anda…

Lalu 5 tahun kemudian apa yang terjadi dengan mereka…

Si tipe boros, akan tetap seperti 5 tahun yang lalu, dapat uang sekian, ketika habis bulan habis sekian nyaris ga ada sisanya, atau kadang malah banyak menumpuk hutang kartu kredit karena uang cash di pakai jajan jadi untuk belanja lain seperti fashion gesek aja deh pakai kartu kredit.

Si tipe hemat, setelah 5 tahun dia sudah punya aset minimal motor yang sudah lunas, mobil yang cicilannya tinggal sedikit lagi dan rumah kecil mungil dipinggiran yang masih nyicil. Kenapa bisa punya aset karena dia pasti sudah memperhitungkan dengan cermat berapa rupiah yang diterima dan berapa rupiah yg di pakai jajan, belanja, bayar kredit aset.

lalu bagaimana dengan si tipe pelit… tebak sendiri aja ya… kalian juga pasti tau deh nasibnya si pelit….

Note:
Yang pelit biasanya teriak pelit…. xixixixi…

August 12, 2010 - Posted by | Nice not Nice

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: